5 Juli Call Center Palembang Siaga 112 Diluncurkan

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang akan meluncurkan pusat layanan (call center) Palembang Siaga 112 pada 5 Juli mendatang. Call Center 112 ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo. Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ahmad Ramli, mengharapkan layanan ini dapat memberikan kemudahan untuk panggilan darurat sekaligus membantu kelancaran selama pelaksanaan Asian Games 2018. “Saat ini kita sudah mempersiapkan yang berhubungan dengan telekomunikasi, dan alhamdulillah semua operator siap mendukung. Baik menyediakan akses signal yang baik, telepon lokal maupun luar,” ujar Ahmad, usai rapat persiapan dukungan Asian Games di Ballroom Aryaduta Hotel, Palembang, Jum'at (29/6). Dukungan itu berupa layanan operator seperti simcard untuk para kontingen dan atlet-atlet yang berlaga di Asian Games, kemudian fasilitas venue dan sebagainya. “Intinya mempermudah pelayanan akses internet cepat (broadband) dengan menyediakan akses poin di seluruh wilayah pelaksanaan Asian Games nanti,” kata Ahmad. Direktur Pengembangan Pita Lebar Kemenkominfo, Benyamin Sura, menambahkan, persiapan layanan panggilan darurat 122 itu akan disiapkan oleh Kominfo Palembang. “Kami membantu dari sisi dukungan operator. Untuk layanan darurat ini Kominfo Palembang yang menyediakan. Alhamdulillah kesiapan Kominfo sudah hampir 100 persen, tinggal launching pada 5 Juli mendatang,” kata Benyamin. Dia menjelaskan, layanan call center 112 ini free (gratis) yang bisa diakses seluruh masyarakat yang terintegrasi ke seluruh intstansi terkait, baik bidang kesehatan seperti rumah sakit, kepolisian dari segi keamanan dan lainnya. “Manfaatnya buat masyarakat sangat banyak. Selain lebih cepat dan tanggap untuk melayani panggilan darurat ini juga lebih efektif dan efisien.” Seperti diketahui, layanan call center 112 tersebut terintegrasi dengan seluruh OPD dan instansi terkait lainnya. Antara lain, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Kemudian Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian. Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Polresta Kota Palembang, Rumah Sakit di Kota Palembang, PMI Kota Palembang dan kabupaten/kota yang berada di wilayah perbatasan Kota Palembang. Belum lama ini, Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang, Yanurpan Yany, mengatakan, call center Palembang Siaga 112, selanjutnya disebut Call Center 112, ini bentuk layanan yang berorientasi pada pengaduan masyarakat pada kegawatdaruratan. Seperti medis, kebakaran, keamanan, kecelakaan, bencana, dan kasus kegawatdaruratan lainnya. “Layanan ini memudahkan masyarakat mengakses bantuan,” ujar Yanurpan. Menurut Yanurpan, call center 112 dibutuhkan karena Palembang adalah kota metropolitan dan termasuk kota tujuan internasional. Apalagi banyak even-even maupun pertemuan akbar dilaksanakan di kota perdagangan dan jasa ini. “Ini juga sebagai bentuk kesiapan kita menyongsong Asian Games 2018 di mana Palembang jadi tuan rumah,” kata Yanurpan pula.

TAG :

Komentar


0 Komentar