Kabupaten Wonosobo telah melakukan pelatihan Layanan Panggilan Darurat (Call Center) 112 yang dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Agustus 2020 di Front One Harvest Hotel Wonosobo.
Pelatihan bertujuan untuk mempersiapkan dan/atau meningkatkan kualitas Layanan Panggilan Darurat (Call Center) 112 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Hasil pelatihan antara lain sebagai berikut :
- Kegiatan Pelatihan SDM Call Center 112 berjalan dengan lancar dilaksanakan oleh Direktorat Pengembangan Pitalebar bekerjasama dengan Trainer 168 Solution dan PT Jasnita Telekomindo;
- Kegiatan dihadiri oleh :
- Pemerintah Kab. Wonosobo (dihadiri Forum Komunikasi Daerah);
- Pemerintah Kab. Magelang;
- Pemerintah Kab. Semarang;
- Pemerintah Kab. Demak;
- Trainer Pelatihan SDM (168 Solution);
- Trainer Aplikasi (PT Jasnita Telekomindo).
- Rangkaian Pembukaan kegiatan Pelatihan SDM Call Center 112 sebagai berikut:
- Laporan Pelaksanaan Kegiatan oleh Sub Koordinator Perencanaan & Pembangunan;
- Sambutan Plt. Direktur Pengembangan Pitalebar secara Daring;
- Sambutan Sekretaris Daerah Kab. Wonosobo sekaligus membuka kegiatan;
- Penyampaian Materi “Rencana Operasional Call Center 112 Kab. Wonosobo”;
- Penyampaian Materi “Kebijakan Layanan Panggilan Darurat 112” oleh Kasubdit Infrastruktur Keperluan Khusus;
- Penyampaian Materi “Regulasi Layanan Panggilan Darurat 112” oleh Bagian Hukum Setditjen PPI;
- Sesi Tanya – Jawab.
- Materi Pelatihan SDM Call Center 112 antara lain Service Mindset, Team Work, Stress Management, Interpersonal Communication, Call Management, Pengenalan Aplikasi Call Center 112, Simulasi/role play menerima dan menjawab panggilan darurat;
- Penutupan kegiatan Pelatihan SDM Call Center 112 dilakukan dengan pemberian sertifikat kepada peserta sebanyak 25 orang. Pihak Kemkominfo mengucapkan selamat kepada peserta dan semoga dapat menjadi bekal untuk menjadi Supervisor/Call Taker yang professional. Terima kasih juga kepada Pemkab. Wonosobo, Trainer 168 Solution dan PT Jasnita Telekomindo.
- Kegiatan Pelatihan SDM Call Center 112 ini sangat berguna bagi Pemerintah Daerah kabupaten/kota yang akan dan telah mengimplementasikan Panggilan Darurat 112, khususnya untuk meningkatkan kualitas PIC & SDM (Supervisor & Call Taker).