Kabupaten Purwakarta, SpiritNews-Pemkab Purwakarta melaunching layanan kedaruratan 112. Layanan tersebut untuk memudahkan masyarakat akan kebutuhan yang bersifat darurat.
Kepala Diskominfo Purwakarta, Suhandi menuturkan, launching layanan kedaruratan 112 merupakan bagian dari peningkatan aplikasi layanan pengaduan berbasis aplikasi Ogan Lopian.
“Call Center 112 Ogan Lopian, bagian peningkatan dari akses sebelumnya yang sudah kita miliki,” ujar Suhandi disela Launching Call Center 112 di Bale Yudhistira Purwakarta, Kamis (9/8/2018).
Adanya layanan call center 112, masyarakat tidak harus mengingat beberapa nomor seperti yang selama ini dilakukan. Layanan kedaruratan 112 merupakan nomor tunggal panggilan darurat yang dapat menerima, maupun mengirimkan permintaan pertolongan dari masyarakat.
“Kedepan satu nomor, masyarakat yang membutuhkan tinggal menghubungi dan operator langsung meneruskan,” ujarnya.
Penjabat Bupati Purwakarta, M.T. Budi Santoso mengungkapkan, pelayanan call center 112 merupakan bagian dari ikhtiar Pemkab Purwakarta, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Yang membutuhkan Ambulance, Damkar, ataupun kedaruratan lainnya bisa menghubungi nomor tersebut, sehingga cepat dan mudah,” katanya.
Pria yang akan mengakhiri jabatannya sebagai Penjabat Bupati Purwakarta pada 20 September 2018 mendatang tersebut, mengharapkan masyarakat bisa memanfaatan pelayanan call center 112. Sedangkan Purwakarta sendiri menjadi daerah ke 19 di Indonesia yang memiliki layanan tersebut.
“Bisa dimanfaatkan dengan baik, dan Purwakarta menjadi daerah ke-19 di Indonesia yang memiliki layanan ini,” tuturnya.
Dirut PT. Telkom Metra, Otong Iip mengatakan, call center ini serupa dengan pola pelayanan 911 di Amerika. Dimana seluruh pelayanan cukup satu akses. “Kalau Amerika 911, kalau dikita 112. Jadi masyarakat butuh pelayanan bisa langsung menghubungi,” ungkapnya.
Selain itu, kerja sama tersebut juga bagian dari pengembangan program smart city di daerah. “Ke depan akan ditingkatkan untuk membangun kerja sama dengan Purwakarta lebih maju lagi, dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Iip.
Dalam kegiatan tersebut, selain melaunching call center 112 dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Purwakarta dengan PT. Telkom, juga dilakukan uji coba oleh Pj Bupati Purwakarta.